Selasa, 24 September 2019

Ada Cara Merawat Kompor Gas Agar Awet Dan Aman Digunakan - Servis.com


https://tradisiservice.blogspot.com

SERVIS.COM - Kompor gas adalah tidak akan terlepas dari dunia ibu dan juga dapur, hubunganya sangat kental dengan dunia pasakan yang sering di lakukan oleh semua ibu-ibu di dapaur.

Komporgas digunakan untuk berbagai macam pungsi yaitu memasak nasi, membuat kue, memask air, dan bisa juga untuk memanggang.

Kompor gas apabila di gunakan mungkin akan menjadi kotor apalagi sudah di gunakan menggoreng cipretan minyak yang menempel baik di badan kompor maupun di tungunya sudah tentu harus segera di bersihkan.

Ada beberapa cara merawat dan membersihkan kompor gas anda agar awet dan aman di gunakan dan simak sebagai berikut :

1.  Membersihkan Permukaan Kompor

Permukaan kompor adalah yang langsung berhubungan dengan peralatan memasak tak dapat di hindari cepretan dari pasakan akan terkena di permukaan kompor.
Membersihkan permukaan kompor sangatlah mudah asalkan tiap kali kompor sudah di gunakan kompor dibersihkan secara rutin tujuanya kompor kelihatan selalu jernih, dapur kelihatan indah, tidak cepat rusak, aman di gunakan.

Kotoran minyak jika di biarkan akan menjadi masalah pada kualitas api yang di hasilkan api akan menjadi merah dan akan membawa efek hitam dan kotor pada alat rumahtangga.


Kompor gas menyala merah ada beberapa penyebab diantaranya adalah tungku kompor terkena cepretan minyak, pentilasi udara tertutup, gas mengandung air, keadaan regulator sudah tidak setabil.

2. Membersihkan tunggku kompor

Tungku kompor harus selalu di kontrol dan di bersihkan dari kerak yang menempel yang akan menyumbat lobang keluarnya gas.
Cara membersihkan tungku kompor cukup mudah lepas tungku kompor dan rendam dengan diterzen pencuci piring dan diamkan beberapa menit.
Setelah itu bersihkan tungku kompor dengan menggunakan sikat dari kawat agar kotoran kerak yang mengendap di gerigi menjadi bersih.

3.  Rendam ring kompor gas

Ring kompor gas gampang untuk di lepas dan bila anda ingin membersihkanya tentunya harus di lepas dari tungku kompor itu sendiri.
Setelah di lepas Lakukan perendaman ring dengan air panas dan di campur dengan 3 sendok makan sabun pencuci piring dan tambahkan 1 sendok makan asam sitrat.

Rendam ring kompor gas 2-3 jam sampai kotoran teangkat dan gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas dan lap dengan menggunakan kain.

4.  Cek selang dan regulator kompor gas secara berkala

Bukan hanya permukaan kompor yang harus di bersihkan akan tetapi selang kompor dan regulatorpun harus di periksa secara berkala.

Cara perawatan selang gas sangat mudah siapkan kain basah berikan diterzen pencuci piring kemudian lakan pada selang secara perlahan dan lakukan berulang-ulang.

Setelah mengetahui cara membersihkan kompor gas dengan tepat , beberapa tips merawat kompor agar tetap awet dan dapur kelihatan lebih bersih.

1. Biasakan membersihkan kompor setiap memasak di area sekitarnya.
2. Jangan menyalakan kompor tanpa ada peralatan memasak di atas kompor.
3. Bersihkan di area tombol kompor dari bercakan minyak yang akan jadi penggupalan kotoran.
4. Jangan letakan tabung LPG langsung di atas ubin jelasnya harus di berikan alas dari kayu untuk          menghindari  pembekuan gas menjadi bentuk keristal dan kualitas api menjadi merah.

Sampai di sini sampai jumpa di bahasan yang lainya selamat mencoba.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar