Kamis, 13 Juli 2023

ALAT OPRASIONAL FIBER OPTIK DENGAN FUNGSINYA

 tradisiservice.blogspot.com

Jumpa kembali dengan Mang Cocon di postingan sebelumnya kita sudah mengenal tentang kabel fiber serat optik dan sekarang kita lanjutkan ke pengenalan lebih jauh lagi tentang alat-alat oprasional dalam pengoprasian jaringan kabel fiber optik.

Alat-alat fiber optik adalah seperangkat alat intalasi yang di gunakan untuk pemasangan kabel fiber optik, ada beberapa macam alat yang di pakai untuk pemasangan fiber optik seperti alat yang di pakai pemeriksaan inti core dan pembersih core fiber optik.

STRIPPER


Sama seperti kabel lainya seperti kabel UTP  kabel fiber optik juga di wajibkan juga memiliki alat pemotong khusus alat pengupas core dan pemotong core.

CLEAVER


Cleaver tools adalah sebuah alat untuk memotong kabel core optik yang kulitnya sudah proses pengupasan di lakukan. Penting buat anda yang ingin melakukan pemotongan core optik harus menggunakan CLEAVER agar hasil potong core yang terbuat dari kaca memiliki hasil yang sempurna dan memiliki fokus cahaya yang baik, sebab bila di lakukan pemotongan core tersebut dengan sembarang hasil fokus cahayanya akan ngawur.

FUSION SPLICER


Fusion Splicer atau alat sambung fiber optik adalah alat penyambung fiber optik dimana serat tersebut terbuat dari kaca dan mengimplementasikan sebuah daya listrik yang sudah di rubah menjadi sinar dalam bentuk laser.

Sinar laser tersebut membakar sebuah core yang terputus menjadi tersambung kembali dengan baik. Perlu  diketahui Fusion Splicer diharuskan memiliki ke akuratan yang tinggi sehingga mendapatkan penyambungan yang sempurna. Fusion Splicer ketika sedang melakukan penyambungan Splicer tersebut akan melakukan proses pebgelasan kaca dan peleburan kaca yang akan menghasilkan sebuah media.dimana media tersebut akan tersambung dengan baik.tanpa ada celah, karena media tersebut memiliki media yang sama.

Kali ini di cukupkan sekian dan ketemu lagi di postingan selanjutnya masih dalam alat-alat serat fiber optik  dengan fungsinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar