Jumat, 14 Juli 2023

FUNGSI OTDR , DAN CARA KERJA , HINGGA SOFTWARE SIMULASINYA

tradisiservice.blogspot.com

Dalam jaringan fiber optik  sudah tentu harus memiliki alat alat untuk pemasangan, pengecekan, pengukuran, penyambungan, pengupas dan juga pemotong fiber optik. Dari sekian banyak alat yang harus kita miliki sudah tentu harga pembelianya cukup berpariasi dari ukuran puluhan ribu bahkan sampai puluhan juta rupiah.

Sekarang Mang Cocon akan membahas salah satu alat yang memiliki fungsi untuk pengukuran dan pengecekan kualitas dari suatu kabel fiber optik.

Bagai mana tahu seorang teknisi bahwa sebuah kabel fiber optik mengalami kerusakan, di lokasi mana titik kerusakan itu terjadi, berapa meterkah titik kerusakan dari lokasi pengecekan kita lakukan.

Nah  salah satu alat yang umum di gunakan oleh para teknisi fiber optik untuk tujuan-tujuan yang Mang Cocon sebutkan di atas adalah di sebut OTDR.

OPTICAL TIME DOMAIN REFLECTOMETER (OTDR)

OTDR sangatlah penting di miliki oleh para teknisi fiber optik untuk ke gunaan mengidentifikasi karakteristik kabel fiber optik.




Pada tulisan kali ini Mang Cocon akan membahas cukup lengkap tentang fungsi OTDR untuk menabah pengetahuan para pomula yang ingin mengetahui tentang jaringan fiber optik, silakan simak sampai tuntas.

OTDR alat penguji kelyakan dari sebuh kabel fiber optik dan sering di gunkan dalam membangun, sertifikasi perawatan suatu sistem fiber optik.
OTDR dapat mengidetifiksi beberapa variabel seperti jarak insertion loss relection yang ada dan loss yang muncul di setiap titik, informasi tersebut bisa di lihat dan di tampilkan di sebuah monitor dalam sebuah gerafik.
Jarak akan di tunjukan oleh sumbu x sedangkan sumbu y merupakan isyarat pemantulan balik dalm unit dB informasi redaman serat optik loss di bagian sambungan atau konektor dan loss karakteristik yang lain dapat di ketahui melalui gerafik yang di tampilkan monitor.

Dalam pngoprasian alat OTDR tersebut untuk mengevaluasi sistem fiber optik juga harus memiliki kemampuan untuk membaca serta menganalisa informasi yang di tampilkan OTDR.
Untuk kebutuhan itu peningkatan kompetensi  dalam penguasaan OTDR dapat di lakukan melalui warkshop atau bentuk pelatihan lainya alternatifnya melalui perangkat lunak untuk pembelajaran pengoprasian sebuah OTDR.

Sampai di sini dan kita lanjutkan di postingan selanjutnya tentang  pengoprasian OTDR sampai jumpa semoga bermanfaat.  



Tidak ada komentar: