Rabu, 12 Juli 2023

FUNGSI BAGIAN BAGIAN DALAM KABEL SERAT FIBER OPTIK





 Kita lanjutkan ke pembahsan selanjutnya ke alat-alat oprasional dalam serat fiber optik dimana pebahasan sebelumnya Mang Cocon baru hanya sebagian kecil saja.

Bagian-bagian fiber optik bersama dengan fungsinya.

Dengan mengikuti berjalannya waktu teknologi mengalami kemajuan yang signifikan membuat orang ingin melakukan aktifitas serba cepat instan dan mudah.

Keberadaan jaringan teknologi fiber optik yang bisa di gunakan dengan berbagai keperluan dari instalasi penerapan jaringan fiber optik menjadi salah satu teknologi data internet memiliki kecepatan yang di inginkan di banding sebelumnya menggunakan kabel tembaga.

Bagian Utama Dari Fiber Optik

a  Core (inti)

Core adalah salah satu bagian penting dari fiber optik yang berfungsi untuk mentransmisikan cahaya yang di buat dari bahan kaca yaitu fiber optik. Semakin banyak core semakin banyak juga cahaya yang dapat di transmisikan ke dalam fiber optik.

b.  Cladding

Cladding adalah bagian dari fiber optik ysng mrngrlilingi core. Cladding adalah bagian yang memiliki fungsi untuk memantulkan gelombang cahaya kembali ke fiber optik.

c  Coating bgian pelapisan

Coating adalah salah satu bagian fiber optik yang terdiri dsri beberapa lapis pelastik yang berfungsi untuk menjaga kekuatan serat, menyerap goncangan, dan memberikan perlindungan extra kepada fiber. Dimana pada lapisan penyangga terdiri dari 250 mikron hingga 900 mikron yang berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan dan kelembaban fiber.

d  Outer jacket

Outer jacket merupakan bagian fiber optik yang berfungsi sebagai pelindung serat optik pada sebuah kabel optik.

Cukup disini dulu semoga bermanfaat dan di lanjut di postingan berikutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar