Senin, 10 Juli 2023

MENGENAL PERANGKAT AKTIF DAN PASIF PADA JARINGAN FIBER OPTIK

 

https://tradisiservice.blogspot.com

Diblog yang saya buat sebelumnya menjelaskan tentang service alat elektronik yng tak kalah penting untuk belajar memperbaiki perangkat alat rumah tangga yang anda miliki di rumah seperti, mesin cuci, pemanas air water heater, dan lain-lain. Penjelasan yang saya jelaskan tentang service elektronik yang bisa anda ikuti untuk memperbaiki sendiri, sebelum di bawa ke tukang service yang lebih jauh.

Dengan mengikuti apa yang saya ajarkan tentang kerusakan perangkat elektronika yang anda miliki, sudah tentu dapat mengurangi dana dan alat elektronik anda cepat berfungsi kembali.

Sekarang kita beralih ke pejelasan selanjutnya, kali ini kita bahas tentang perangkat yang memiliki hubungan dengan jaringan internet, yaitu tentang perangkat pasif dan aktif dalam fiber optik.

Simak sebagai berikut:.

PERANGKAT AKTIF

Yang di maksud perangkat aktif adalah alat elektronik yang dapat bekerja dengan menggunakan arus listrik.

Apa saja perangkat aktif itu?

Managated Switch

Jenis switch memiliki pitur handal yang mampu mendukung jaringan network komputer dan dilengkapi pirtual LAN dan VLAN yang membuat switch ini dapat terhubung pada segmen LAN yang dapat bekerja secara bersamaan dapat di gunakan lebih satu LAN dan fitur yang fungsinya dapat melakukan konfigurasi IP Adres dan program monitoring lainya.



Netlink Media Conventer

Media Conventer adalah perangkat jaringan yang dapat menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda melalui media seperti twisted pair dengan kabel fiber optik.

Media conventer juga berpungsi merubah jaringan cahaya laser menjadi sebuah data yang bisa di terima dengan modem dan di gunakan melalui kabel LAN dan di sebar luaskan melalui jaringan Wifi.


PERANGKAT FASIF

Pigtail

Yang di maksud Pigtail adalah sepotong kabel fiber optik yang sebelahnya sudah memiliki conektor untuk di sambungkan ke kabel fiber optik outdor yang belum memiliki conector.

Pungsi dan tujuan penyambungan kabel Pigtail adalah:

Kabel fiber optik outdor di lengkapi 3 kawat baja pembincang untuk melindungi serat optik namun kawat baja tersebut yang terbentang jauh memiliki resiko sambaran petir yang dapat merusak perangkat elektronik seperti media conventer dan perangkat di sekelilingnya.

Jadi kesimpulanya adalah kabel Pigtail berfungsi memutus arus sambaran petir sebab kabel Pigtail hanya di lindungi oleh serat kaien saja yang tidak bisa di aliri arus, jadi arus petir cukup sampai sambungan tersebut.


Patch Cord

Patch Cord adalah sebuah kabel fiber optik yang kedua ujungnya memiliki sebuah conector. Pungsi kabel Patch Cord adalah untuk menyambungkan sebuah device ke perangkat lain yang menggunakan serat optik atau juga bisa di sebut kabel optik jumper dengan menggunakan konector sambungan.



Splitter

Yang di maksud Splitter dalam istilah fiber optik yang berfungsi untuk memisahkan atau membagi daya optik dari satu input serat ke beberapa aoutput serat namun splitter ini memeliki kelemahan menimbulkan loss semakin besar kapasitas digunakan loss yang di timbulkan semakin besar.

Demikian penjelasan kali ini semoga bermanfaat dan silahkan simak  di artikel berikutnya untuk mengetahui tentang fiber optik berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar