Minggu, 29 Maret 2020

TOKEN LISTRIK PRABAYAR PERIKSA BEGINI SOLUSINYA - SERVIS SOLUSITION

https://tradisiservice.blogspot.com

SERVICE SOLUSITION - Listrik prabayar memang memudahkan para pelanggan untuk membayar dan pengunaanya, seperti kita bisa mengontrol pemakaiyan setiap harinya guna untuk meminimalisi lonjakan bayar listrik setiap bulanya.
Listrik prabayar memudahkan para pelanggan untuk bayar listrik, sebab pembayarannya menggunakan sistem pulsa yang banyak tersedia di agen pulsa juga di eceran rumahan.
Dalam pulsa listrik prabayar memiliki harga pocer beragam dari mulai Rp 20.000, Rp 50.000, dan juga Rp 100.000. dan bisa dilakukan pembelian tunai dan mendapatkan code nomor 20 digit dan bisa di masukan dengan sendiri lewat nomor yang sudah di sediakan dan bila sudah selesai kita tinggal pencet ENTER dan bila sudah benar akan muncul tulisan BENAR dan jumlah kwh di LCD terlihat akan bertambah.

Akan tetapi dibalik kemudahan itu pelanggan  listrik prabayar banyak mengeluh mengapa kwh dirumahnya muncul tulisan Periksa dan tidak bisa melakukan pengisian ulang sebelum di periksa oleh petugas PLN sendiri.

Setelah di periksa akan diberikan no setingan dengan banyak nomor 20 dan kwh akan normal seperti biasanya.

Penyebab kwh  memberikan peringatan Periksa bisa dikarenakan kwh sudah lama dan sudah memiliki kerusakan dan harus segera di ganti dan pebggantian di lakukan secara geratis.

Adapun penyebab kwh mengeluarkan peringatan priksa adalah adanya kebocoran arus dan akan menimbulkan konsleting
Kebocoran arus di sebabkan karena penyambungan yang kurang maksimal dan kurang benar maka akan menimbulkan percikan api yang akan mengakibatkan kebakaran.

Maka untuk itu dalam pemasangan intalasi listrik harus menggunakan kabel yang berkualitas dan memiliki sertipikat yang sudah di tentukan seperti SLO ( Sertipikat Listrik Oprasi ) agar tidak ada kelebihan beban yang akan menjadikan arus hubungan singkat dan terjadi kebakaran.

Dalam pemasangan kwh listrik perabayar pembumian juga harus di perhatikan bila salah akan menjadikan peringatan periksa seperti di antara kabel groun dan masa harus benar - benar di perhatikan dalam pemasanganya.



Terlihat di gambar di atas pemasangan kabel arus listrik dari  masuk dan keluar juga cara pembumian yang benar dalam token listrik prabayar berikut penjelasanya sebagai berikut.


  • Kabel warna merah adalah kabel jaringan arus listrik masuk dan keluar menuju intalasi rumah.
  • Kabel warna biru adalah kabel masa yang masuk dan keluar menuju intalasi rumah.
  • Kabel warna kuning adalah kabel groun atau pembumian yang masuk ke dalam kwh dan ke instalasi rumah.
Banyak kesalahan pemasngan yang di lakukan dalam pemasangan intalasi terkadang yang kurang paham dalam pemasanganya untuk menghemat kabel antara kabel yang warna biru dan kuning di satukan justru akan menjadikan masalah dalam kwh tooken prabayar biasanya akan menimbulkan munculnya lampu kuning dan di sertai gambar Lima jari tangan bahkan Periksa sebagai peringatan gangguan di jaringan intalasi.

Mungkin pemasangan seperti yang tadi dilakukan tidak jadi masalah pada kwh Pasca Prabayar hanyalah Token prabayar yang harus mematuhi aturan pemasangan atara kabel arus, masa, dan juga groun pemasanganya harus terpisah dan kabel groun hanya memiliki pungsi pada pembumian setop kontak saja contoh pemasangan yang baik dan benar seperti gambar di bawah:



Selanjutnya cara pemasangan piting yang baik dan benar lihat contoh gambar berikut:


Dalam pemasangan instalasi listrik yang harus diperhatikan  utuk menjaga terjadinya gangguan - gangguan yang tidak kita diinginkan di kemudian hari adalah:


  • Kualitas kabel harus berkualitas sesuai dengan aturan SNI.
  • Pemasangan harus sesuai dengan aturan yang telah di tentukan.
  • Sanbungan yang baik dan benar.
  • Kualitas saklar, setop contak, dan piting harus berkualitas baik.
  • Pembumian atau groun yang tepat.
Nah demikian ulasan kali ini semoga menjadikan inpormasi yang membatu untuk memecahkan masalah yang yang sedang anda hadapi, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar