Selasa, 01 Oktober 2019

Cara Memperbaiki Warter Heater Tidak Panas Atau Tidak Keluar Api - By Cocon Servis


https://tradisiservice.blogspot.com

SERVIS COM - Kelengkapan rumah tangga selain kompor gas mesti dilengkapi dengan alat untuk pemanas air yaitu sower heater, sekarang jaman sudah maju bukan hanya makanan dan minuman yang serba instan akan tetapi alat penghangat air mandi pun sudah dibuat dengan serba instan.

Dulu kita untuk memanaskan air dengan menunggu 30 menit di tungku dan lama kemudian menunggu 15 menit di kompor gas dan sekaran sekali cetrek air sudah bisa di gunakan untuk mandi air panas.

Alat pemanas air Water heater memiliki ke unggulan sekali kontak langsung panas, water haiter dengan berbahan bakar gas, proses daya kerjanya tidak jauh dengan kompor gas sangat efektif di gunakan di tempat yang bersuhu dingin.

Namun demikian alat di gunakan tentunya akan mengalami kendala yaitu kerusakan dan harus segera di perbaiki.

Nah, sekarang kita bahas tentang kerusakan water heater yang tidak panas dan tidak keluar api, mari kita simak sebagai berikut.:


Megatasi Water Heater Gas Tidak Ada Cipratan Api Atau Tidak Menyala

Untuk mengatasi water heater tidak menyala, kendala ini bisa di sebabkan dengan beberap masalah dan masalahnya sebagai berikut :


  • Batrey yang ada di water heater keadaanya sudah soak atau habis biasanya terdapat 2 buah batrai dan masing masing berukuran 1,5 V dan cek kalau memang ke adaanya sudah habis jangan tunggu lama-lama lakukan penggantian.
  • Cek desakan ( suplay tekanan air ) barangkali pompa pendorong sudah lemah.
  • Kontrol pulse igniter mati, andai batrai sudah baru, desakan tekanan sudah ok namun tetap tidak mengeluarkan cipratan berarti pulse igniter mati.


Water heater gas cipratan api ada namun tidak menyala

Mengatasi masalah ini harus mengalami pengecekan dan yang harus di cek adalah sebagai berikut :


  • Cek tabung gas LPG barangkali sudah habis
  • Cek regulator gas mungkin ada masalah di bagian ini
  • Setelah di lakukan pengecekan dan gas penuh regulator ok dan kita periksa di perangkat water heater yaitu di bagian Selenoid valve untuk pengecekan selenoid valve hanya dengan indra pendengaran apakah berbunyi " cetek" setelah adanya cipratan api.? jika tidak berbunyi magnetik selenoid valve sudah lemah, untuk memperbaikinya di coba di getok dengan palu kalau masih tidak berpungsi ambil langkah penggantian dengan yang baru.




                                                                   Selenoid valve
                                                         

Water heater menyala lalu blep mati lagi


  • Cek termostat ( berbentuk jenkol dan berkaki dua ) guna meyakinkan lepas kabel di kedua kaki lalu sambungkan langsung apakah api berjalan normal  kalau" YA" berarti termostat mati.
  • Jika tahapan kesatu sudah di laksanakan dan masih sama apinya hidup mati bisa di jamin SCR yang sedang di dalam kontroler pulse igniter rusak solusinya ganti baru.


Sampai di dini baca juga di :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar