Senin, 07 Oktober 2019

Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Mati Total Pengering Dan Pencucianya




https://tradisiservice.blogspot.comSERVIS.COM - Yang akan menjadi bahasan kita kali ini adalah tentang memperbaiki mesin dua tabung mati total, saya akan sedikit berbagi sebuah pengalaman yang telah saya temukan di lapangan. Hal yang sangat mudah dan ringkas untuk mengecek bagian utama yang menjadi penyebab mesin cuci itu sendiri menjadi mati total.

Didalam mesin dua tabung tidak memiliki rangkaiyan elektronika berbeda dengan mesin cuci yang satu tabung.
Dengan ke adaan part yang sangat sedikit ini untuk melakukan perbaikan memang sangatlah mudah, yang pertama yang kita harus lakukan adalah pengecekan terhadap colokan listrik dan kabel kabel yang lainya terutama yang di rumahnya banyak sekali tikus.

Kasus yang demikian sudah menjadi keadaan yang umum kabel di dalam mesin cuci sangat rentan dengan gangguan hama tikus yang memang oleh tikus dianggap tempat bersembuni sambil melakukan iseng-iseng mengigit kabel kabel yang berada di dalam mesin cuci.

Untuk pengecekan tahap pertama cek  seteker listrik barangkali sudah rusak atau gosong akibat setop kontak yang longgar, dan yang ke dua  buka dop penutup belakang mesin cuci dan cari sebuah sikring barangkali putus.

Sesudah kedua pengecekan di lakukan dan ke adaanya baik-baik saja kita lanjutkan ke dalam pengecekan ke part yang lainya seperti pada taimer akan tetapi kalau kerusakan pada taimer biasanya tidak mungkin rusak aecara bersamaan dan tida ada salahnya kita coba periksa barang kali secara kebetulan rusak ke dua-duanya.

Selanjutnya masalah yang lainya swit pintu dan juga tidak mungkin di karnakan swit hanya ada di bagian pengering sedangkan dalam penyucian tidak memiliki swit.

Selanjutnya kita cek bagian kapasitor apakah kapasitor sudah mati atau lemah, untuk keluhan dalam kapasitor biasanya di tandai suara yang mendengung di bagian dinamo dan ini bukan mati total suara mendengung adalah dinamo menahan akibat kapasitor yang mati.

Untuk kerusakan dinamo tidak mungkin mati total salah satunya pengering masih bisa hidup, llu apa kerusakan yang di alami mati total ini ?

Dalam penjelasan tadi semuanya hal yang tidak mungkin dan kita lanjutkan ke penelusuran selanjutnya, dan kita cari TKP yang mencurigakan.

Setelah di pikir di bolak balik lalu apa yang menjadi mesin cuci ini matot, dan teringat sama binatang yang nakal dan suka jahil dan saya lalu teringat di dop mesin cuci paling atas tepatnya di bawah tombol-tombol trimer dan yang lainya ada tempat yang nyaman bagi mereka dan di situ banyak kabel yang menuju ke bagian trimer dan dengan sedikit susah membuka baud yang sudah berkarat dan membukanya dengan obeng kembang dan pelat untuk membuka secara perlahan untuk melepas tutup dan setelah terbuka banyak pelastuk yang berserakan dan bubuk bubuk kabel bekas gigitan sang tikus.

Nah timbulah kesimpulan bahwa penyebab mesin cuci mati total ini kabel yang putus,  setelah di lihat warna kabel di dalam ada beberapa warna :

  • Warna coklat adalah sumber listrik yang menghantarkan dari seteker listrik ke trimer baik pencucian maupun pengeringan, untuk pengeringan sudah umum melewati swit pintu penutup dan lalu ke trimer.
  • Warna abu dan kuning out dari trimer ke bagian kapasitor pencucian.
  • Warna merah atau hijau kabel yang menuju ke kapasitor pengeringan.
Dan yang lebih mudah lagi  untuk menyambungkanya ikuti saja warna kabel yang ada contohya ujung merah yang putus sambungkan dengan ujung yang merah dan seterusnya.

Sampai di sini semoga bermanfaat dan menjadi pengalaman baru untuk mengatasi seperti hal yang pernah saya alami.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar