Minggu, 06 Oktober 2019

Mengenal Komponen Mesin Cuci Beserta Pungsi Pungsinya Untuk Memudahkan Penanganan Dalam Perbaikan.


https://tradisiservice.blogspot.com

SERVIS.COM - Dalam mesin cuci manual memiliki dua tabung tabung yang besar pungsinya adalah untuk mencuci dan tabung yang sebelahnya pungsinya untuk mengeringkan pakaiyan.
Air dalam mesin cuci merupakan komponen penting dalam bidang cuci mencuci baik di mesin cuci manual maupun otomatis.

Didalam mesin cuci memiliki komponen yang yang memiliki tugas masing masing diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Trimer
  2. Tabung pencucian
  3. Tabung pengeringan
  4. Motor pengerak untuk mencuci
  5. Motor penggerak untuk pengering
  6. Penbel
  7. Karet kelep pembuangan air
  8. Kapasitor
Komponen-komponen di atas adalah bagian penting didalam mesin cuci dan bila salah satu bermasalah mungkin mesin cuci tidak akan berfungsi untuk di gunakan.

Lalu apa pungsinya komponen -komponen di atas ? mari simak sebagai berikut :

Trimer


Trimer adalah salah satu bagian penting yang mengatur waktu pencucian, bila anda sedang mencuci yang memiliki tugas untuk memulai dan menyelesaikan didalam mencuci anda adalah salah satunya trimer.


Dalam mesin cuci dua tabung adalah memiliki dua trimer yaitu trimer pencucian dan pengering untuk mengerinkan saat selesai mencuci.



Tabung pencucian

Tabung pencucian adalah salah satu tempat yang di gunakan untuk mencuci, disinilah baju di proses di putar bolak balik arah sesuai dengan perintah untuk di cuci dalam waktu yang di tentukan dengan trimer.

Tabung pengeringan

Setelah selesai proses pencucian maka dilanjutkan ke bagian pengeringan, tabung pengering adalah yang bertugas untuk mengeringkan baju setelah di cuci, tentunya memiliki ke unggulan dalam menggunakan pengering ini ke unggulanya adalah, baju anda tidak usah berlama-lama di bawah terik matahari sehingga warna baju anda akan cepat pudar, dapat di jemur di tempat yang teduh, pekerjaan akan lebih cepat sebab baju akan cepat kering.


Motor penggerak untuk mencuci





Didalam mesin cuci memiliki motor pengerak, motor penggerakini yang bekeja untuk memutar kipas pencuci didalam tabung pencucian.

Motor penggerak pengeringan





Dalam mesin cuci manual memiliki dua motor yang masing masing memiliki tugas, tugas motor penggerak yang satu ini adalah yang bertugas untuk memutar tabung pengeringan, motor ini di atur dengan trimer berputar hanyalah satu arah sedangkn pencucian di atur dengan trimer berbutar bolak balik.

Penbel


Mesin cuci dilengkapi dengan komponen yang di sebut dengan penbel, penbel ini yang berpungsi untuk menghubungkan antara motor dengan puli yang ada di bawah tabung pencucian, ada perbedaan dengan motor untuk pengeringan perbedaanya adalah kalau pengeringan di hubungkan langsung ke tabung pengering dan di lengkapi dengan dudukan per untuk mengatur kesetabilan putaran tabung pengeringan.

Karet katup pembuangan air



Karet katup dalam mesin cuci yang berpungsi untuk menutup air saat mesin cuci di gunakan dan membuka untuk membuang air saat selesai di gunakan, karet ini di hubungkan ke tombol kenop biasanya dengan mempergunakan tali.

Kapasitor



Kapasitor adalah salah satu komponen yang di hubungkan ke motor baik pencucian maupun motor pengeringan, kapasitor adalah berpungsi untuk setar atau memulai putaran dalam motor penggerak seperti mesin cuci, tanpa kapasitor ini motor penggerak tidak akan berdaya sama sekali hanya berbunyi dengung saja.

Selain dalam mesin cuci kapasitor di gunakan dalam berbagai macam kebutuhan seperi di pompa air jenset listrik dan beberapa alat elektronoka yang lainya.

Beberapa inpormasi dan pungsi-pungsi alat di atas semoga dapat membantu mengenal rangkaian mesin cuci untuk memudahkan menangani masalah-masalah kerusakan dalam mesin cuci.

Sampai jumpa di bahasan mesin cuci dan lainya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar