Jumat, 04 Oktober 2019

Atasi Sepeker Toa Mesjid Sering Jebol



https://tradisiservice.blogspot.com

SERVIS.COM - Sepeker Toa sering di katakan dengan sebutan Membran dan sering digunakan di mejid- mesjid dan di tempat berbagai kegiatan agar suara terdengar ke mana- mana.
Di mesjid biasanya di lengkapi dengan sepeker toa dan di dalam ruanganya di lengkapi dengan sepeker audio dengan pungsi untuk suara di dalam.

Sebagai seorang teknisi audio sudah tidak asing lagi dengan sepeker yang satu ini dari mulai yang berwarna biru sebagai generasi lama dan sekarang ganti warna menjadi putih sebagai generasi yang sekarang ini.

Dari ukuran warna kita sudah memastikan bahwa sepeker toa lama atau sepeker toa keluaran sekarang, bila kita membuka sepeker toa ada dua jenis magnet, magnet toa yang di sebut varian model lama memiliki magnet seperti telur di potong dua, dan magnet pada toa keluaran baru berbentuk lingkaran dan cincin magnet warna hitam sebelah luar.


Dan dengan kenyataanya ada juga toa yang model lama sudah berbentuk lingkaran akan tetapi ada sedikit perbedaan di dalam sepul kalau yang lama hanyalah sebuah sepul dan di beri 4 buah ring perpak dari karton sedangkan ukuran lingkaran sepulnya hampir sama.

Dan pada toa yang berwarna putih model baru ini sepulnya sudah di beri dudukan dan pemasanganyapun sangat mudah sebab keadaanya sudah pas tanpa memikirkan sepul terlalu dalam dan terlalu keluar berbeda dengan tipe lama harus dengan mengatur ring perpak di dalam pemasanganya.


Ada beberapa jenis sepul toa dari mulai sepul toa model jadul sampai model jaman sekarang ini adalah sebagai berikut :


  • Sepul toa Diaphragm
  • Sepul toa polos tanpa dudukan
  • Sepul toa pakai dudukan
  • Sepul toa tanpa dudukan menggunakan paking karton 4 biji
Sedangkan sepul toa paki dudukan dengan menggunakan dudukan pelastik dan pemasanganyapun paling mudah.

Ada yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan toa agar sepul toa tidak cepat jebol atau putus terbakar dan mari kita simak sebagai berikut:

Bagai mana cara mengatasi sepul toa agar tidak cepat jebol ? lalu bagai mana cara mengatasinya?


  1. Sepul toa bisa jebol penyebabnya adalah tidak seimbangnya output sebuah amflifier dengan sepeker toa. Contohnya adalah dengan daya sebuah Amflifier 100 watt maka toa yang perlu di pasang adalah sebanyak 4 buah karena toa memiliki kekuatan daya hanya 25 watt., kalau hanya di pasng 1 buah toa maka toa akan hangus satukali hentakan juga.
  2. Biasanya toa memiliki amflifier yang original yang kekuatanya sesuai dengan sepeker toa hanyalah 25 watt dan di temukan sepeker toa masih dalam keadaan jebol ada kemungkinan kabel memiliki kualitas yang buruk gantilah kabelnya dengan kabel yang berkualitas.
  3. Jika perangkat amflifier anda hasil dari rakitan biasanya dengan menggunakan OCL dan berkekuatan 150 watt dan tidak menggunakan trapo inpedansi maka di wajibkan di pasang terapo inpedansi. Terapo impedansi biasanya di pasang di belakang magnet didalam membran sepeker toa.
  4. Kalau tidak di pasang terapo impedansi bisa disiasati dengan menggunakan elko dengan ukuran 470 mikro 50 volt dan bisa juga menggunakan elko ukuran 1000 mikro 50 volt didalam sepeker toa.
Nah itulah hal yang harus di perhatikan didalam pemasangan sepeker toa , dan saya sarankan dalam pemasangan toa harus di perhatikan kekuatan amflifiernya dan jenis kabel yang di gunakanya.
Sudah pasti kalau semuanya sudah pas sepeker toa anda akan awet tahan lama dan sepul toa anda tidak akan jebol lagi


Cukup sampai di sini selamat mencoba semoga bahasan ini bermanfaat dan menjadi sebuah pengalaman baru dalam mengatasi masalah anda.

Baca juga di sini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar