Kamis, 03 Oktober 2019

Permasalahan Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Water Heater


SERVIS-COM - Permasalahan dalam Penanganan kerusakan pada water heater sering kita temukan beberapa permasalahan yang terkait dengan water heater tidak bekerja dengan sebagai mana mestinya.
Dalam uraiyan bahasan kali ini saya akan membahas beberapa titik permasalahan dan sebab-sebab yang menjadi permasalahan seperti yang dikatakan di atas, mari kita simak sebagai berikut :

1. Kondisi Tabung Gas Dan Selang Gas

Dengan permasalahan water heater yang posisinya bila di buka keran air panasnya titak bekerja, yang perlu kita perhatikan dalam tahap pertama adalah keadaan tabung LPG dan perangkat lainya yang menghubungkan gas pada alat pemanas air water heater.

  • Tahap pertama kita cek apakah tabung gas masih terisi penuh?
  • Tahap kedua apakah regulator gas bekerja dengan baik?
  • Tahap ketiga periksa selang gas apakah ada kebocoran pada selang gas atau pada klem pengikat selang gas kurang maksimal sebab bila ada kebocoran pada selanggas otomatis gas tidak akan keluar dan gas akan mengalir sesuai dengan permintaan tungku api dalam water heater, dan lebih jelas lagi tidak ada kebocoran gas di posisi sesudah regulator dan sebelum water heater.


2.  Kondisi Batrai Sudah Lemah 

Apabila water heater dinyalakan dengan membuka keran air panas dan water heater tidakberpungsi sama sekali maka tahap pertama kita harus mengecek bagian batrai sebagai pembangkit sumber pemetik api untuk proses pemanasan.

  • Cek posisi batrai apakah posisinya sudah benar.
  • Cek Volt batrai apakah menunjukan volt yang maksimal bila keadaanya sudah lemah lakukan penggantian dengan batrai yang baru dan berkualitas.
  • Pemasangan batrai harus benar posisi ( + ) berada di atas dan ( - ) berada di tutup batrai yang memiliki per penguat batrai.
Sesudah langkah-langkah di atas sudah di lakukan dengan benar dan posisi water heater masih belum bekerja lanjutkan penecekan pada bagian yang lainya.

3.  Pompa pendorong air yang masuk water heater tekananya kurang maksimal

Apaila semua sudah di cek dan semuanya baik-baik saja tapi water heater masih dalam keadaan tidak nyala maka anda harus mengambil langkah pengecekan tekanan air yang masuk ke inlet water heater apakah cukupkuat atau atau lemah sehingga tidak bisa menekan pemetik api dalam water heater.

Hal demikian bisa juga di sebabkan debit air yang kurang dikarnakan pompa pendorong sudah lemah, lakukan perbaikan atau ganti dengan yang baru.

Satu lagi penyebabnya yang bisa mejadikan water heater tidak bisa hidup dikarnakan keluar air dari keran yang kecil dikarnakan penyumbatan-penyumbatan pada sawer, segera bersihkan saringan pada sawer.

Baca juga di " Cara Memperbaiki Water Heater Tidak Panas Atau Tidak Keluar Api "

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas sudah pasti water heater anda akan berjalan dengan baik, sampai di sini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar