Sabtu, 28 September 2019

Atasi Kompor Gas Yang Susah Menyala Dengan mudah - By Cocon


https://tradisiservice.blogspot.com

SERVIS.COM - Kompor gas bila kita gunakan sudah barang tentu akan mengalami kerusakan, ataupun kompor yang masih baru pun akan mengalami kerusakan.
Kompor gas rusak ada berbagai sebab contohnya kurangnya perawatan, jenis komporgas murah meriah, sering terkena tumpahan air, dan aturan pemakaiyan yang tidak benar.

Ada salah satu kendala kompor gas yang mengalami kerusakan susah di hidupkan walaupun tabung gas terisi penuh.
Lalu apa sebabnya ? dan bagai mana mengatasinya? mari kita simak bahasan seperti berikut :

Lepas dan periksa keadaan regulator 

Regulator adalah salah satu yang mengatur keluar dan masuknya dari tabung menuju ke kompor gas, dan jika api tidak menyala kemungkinan suplai gas dari regulator tidak berpungsi.
Pasang regulator pada tabung gas secara benar dan indikasikan tidak ada kebocoran dengan ditandai suara mendesis. Lalu pastikan selang gas tidak mengalami keretakan atau bocor, sebab bila selang di lengkapi dengan katup pengaman ada kebocoran sebelum ke titik api maka katup otomatis tidak akan terbuka dan gas tidak akan keluar, jelasnya gas akan mengalir sesuai dengan permintaan titik api didalam kompor gas.



Periksa burner 
Hal yang lainya yang bisa menjadi penyebab aliran gas tidakkeluar menuju  burner. Apabila burner kotor maka segera angkat dan bersihkan sebab bila burner kotor maka kompor gas tidak akan menyala karena aliran gas terhalang dengan kotoran bersihkan dengan menggunakan jarum dan sikst kawat.


Bersihkan corong burner

Corong burner pun bisamenjadikan kompor gas susah untuk di nyalakan untuk mengeceknya anda perlu mengangkat burner dan melepas baut atau kawat sepi sebagai pengencang corong sesudah itu angkat corong dan bersihkan terkadang di kotori oleh sarang laba laba atau kotoran kecoa atau bubuk kerak dari burner yang masuk ke corong.





Baca juga " Mengatasi Kompor Gas Menyala Kecil " di Sini


Periksa pemetik api

Langkah selanjutnya memeriksa pemetik api yang biasanya bila pemetik api yang rusak ditandai tidak adanya percikan api di ujung pemetik sedangkan gas berjalan normal.


Cara pengecekan bagian pemetik api lepas dulu regulator gas kemudian kompor di balikan bagian atas menjadi di bawah dan putar tombol sebagai mana anda menyalakan kompor gas lalu lihat percikan api di ujung keramik putih yang memiliki jarum pemetik apakah ada percikan  atau tidak, kalau tidak ada percikan api  berarti pemetiknya rusak.
Langkah selanjutnya lakukan perbaikan di bagian pemetik apinya kalau memang sudah aus ganti dengan yang baru.

Sampai di sini bahasan tentang masalah kompor gas yang susah untuk di hidupkan semoga jadi sebuah petunjuk bagi masalah anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar