Minggu, 13 Januari 2019

Memperbaiki Mesin Cuci Manual Merek Sharp Mati Bagian Tabung Pencucian


Mesin cuci dua tabung terkadang ada banyak kendala dan kerusakan kerusakn, misalnya adayang dinamakan kerusakan ringan seperti kabel putus di makan tikus ada juga yang berat, kerusakan biasanya ada di bagian gulungan motor.

Nah, sekaran saya akan membahas masalah yang saya temukan di lapangan tentang kerusakan mesin cuci pada bagian tabung pencucian yang keadaanya mati total.


Dalam keadaan mesin cuci yang mati bagaian tabung pencucianya biasanya di sebabkan dalam beberapa paktor tenang kerusakanya, dan perlu pengecekan di bagian- yang berhubungan tabung pencucian itu sendiri.

Pengecekan kabel yang menghubungkan ke Motor pencucian.


Pertama kita buka dop bagian atas dan coba cek warna kabel yang menghubungkan arus dari bagian arus ac yang menghatarkan ke bagian taimer biasanya warna coklat, dan cek dengan Avo Meter di X1 apakah tersambung dengan baik dari awal colokan sampai ke ujung yang masuk ke bagian trimer pencucian? dan ternyata baik baik saja.

Kedua kita cek dua kabel yang masuk ke bagian kapasitor bagian pencucian, biasanya kedua kabel itu berwarna kuning dan cek dua kabel kuning itu apakah tersambung dengan baik atau memang kabel itu putus.

Perlu kita jelaskan lebih jauh bahwa kabel serabut atau kabel yang lainya terkadang susah untuk membedakanya, boleh di katakan bentuknya sama tapi kualitas berbeda.
Dijaman sekarang ini ada dua jenis dari bahan kabel yang di buat oleh pabrik, yang pertama adalah bahan dari Almunium, kabel bahan almunium biasanya punya kelemahan-kelemahan salah satunya adalah tida tahan dengan cuaca misalnya dengan air atau dingin.
Dan jenis kabel yang kedua punya bahan yang berkualitas tinggi yaitu berbahan dari Tembaga jenis kabel ini punya kelebihan bisa tahan di segala jenis cuaca.

Nah sekarang anda sudah memahami masalah kualitas kabel kalau memang kabel yang ada di bagian mesin cuci anda adalah kabel berbahan almunium dan tak dapat di hindari mesin cuci umum berhubungan dengan air dan bisa di simpulkan kerusakanya bisa dibagian kabel yang melepuh akibat dari cuaca dingin.

Setelah di cek dua kabel yang berwarna kuning yang menuju ke kapasitor ternyata baik-baik saja dan memang kabelnya terbuat dari tembaga..

Lalu apa permasalahanya kerusakannya setelah pengecekan pengecekan di atas?

Boleh anda simak kembali pengecekan berikutnya:

Penecekan taimer pada bagian pencucian






Kita perlu pengecekan yang lainya dengan melakukan jurus penemuan dan pengalaman yang di temukan di lapangan dan menggunakan indra pendengaran kita.
Pertama ambil kabel colokan AC mesin cucinya lalu colokan ke stop contak  kemudian putar trimer pencucian seperti layaknya anda mau mencuci lalu dengarkan di bagian motor apakah ada suara yang mendengung? kalau memang tidak ada suara itu keadaan arus listrik terputus atau tidak masuk ke bagian motor.
Alhasil arus listrik terputus di bagian trimer,untuk meyakinkan cek arusnya dengan avo meter dengan colokan AC masih terhubung ke stop contak dan avo meter diputar ke  bagian AC vol 250 hubung kan kabel merah dari avo meter ke bagian kabel coklat yang masuk ke trimer dan yang kabel hitam dari avo meter ke warna biru dan jarum avo meter bergerak naik, dan kemudian kabel merah dari avo meter pidahkan ke warna kuning yang menuju kapasitor cek dua kabel kuning itu, dan jarum avo meter diam tida bergerak sama sekali.
Dan kesimpulan yang di ambil bagian taimer bagian pencucianya rusak perlu kita ganti dengan yang baru dan hasil yang di dapatkan ternyata benar mesin berputar dengan normal.

Cukup sampai di sini sampai jumpa di  postingan lainya dengan bahasan yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar