Rabu, 30 Januari 2019

Mengatasi Kipas Angin Suara Berdengung Tidakmau Berputar

tradisiservice.blogspot.com

Dalam kipas angin terkadang banyak kendala dan banyak kerusakan-kerusakan yang susah di tebak dan faktor kerusakannya pun berbeda beda di antaranya yang sering terjadi kipas angin drop tidak berputar
Kita harus mengetahui sebab-sebab kerusakan itu terjadi, kita pun putar otak untuk mencari titik kerusakan yang pertam hrus kita lakukan.


Langsung sja kita ke TKP dan kita telusuri awal dari permasalahan itu terjadi dan perama kita lihat secara pisik kabel kabel yang terhubung di antara tombol- tombol yang ternyata mulus mulus saja, langkah selanjutnya kita bongkar lebih dalam melangkah ke bagian motor kita cek bagian kabel kapasitor dan kita ukur dengan multimeter yang ternyata baik-baik saja.





Di atas sekema untuk kita mengenal jalur kabel untuk memudahkan penelusuran kita dan penjelasannya sebagai berikut:

  • Kabel biru yang menghubungkan ke tombol 1 putaran rendah( low}
  • Kabel warna coklat menghubungkan tombol 2 putaran sedang.
  • Kabel warna merah adalah yang menghubungkan tombol 3 kecepatan tinggi .
  • Kabel kuning adalah kabel yang menghubungkan ke tombol setop atau ( 0 )yang langsung terhubung dengan sumber arus setop contak.



Setelah memahami dan megenal pungsi dan warna kabel dan memiliki pungsi masing masing  kita langsing ke TKP untuk membedahnya.

Untuk mengetes gulungan terhubung atau tidak nya antara kabel yang berwarn di atas dengan kabel hitam pada kapasitor kita harus melakukan dengan menggunakan multimeter dengan di arahkan ke X1 posisikan setik multimeter yang satu ke bagian kabel yang berwarna kuning dengan posisi on tombol (1) dan setik multimeter yang satunya di hubungkan pada kedua kabel  hitam  di bagian kapasitor  yang warna hitam tadi jarum multimeter akan bergerk, berarti bagian gulungan setar baik-baik saja alyas tidak putus.

Lakukan seperti di atas dengan menekan tombol 2 dan 3 kalau jarum multimeter masih bergerak berarti kenop dan kabel warna merah untukkecepatan tinggi dan kuning kecepatan sedang pun terhubung dengan baik.

Dan yang ketiga  hubungkan setik multimeter yang satu boleh warna merah atau sebaliknya ke warna kuning dan yang satunya lagi ke warna biru kalau jarum multimeter bergerak berarti gulungan utamapun tidak mengalami masalah alyas baik-baik saja.

Setelah penelusuran di atas tadi belum ada yang mencurigakan dan mungkin  kemungkin capasitor yang mengalami putus atau tidak berpungsi.

Kapasitor terkadang pisik tidak bermasalah tapi keadaanya sudah tidak berdaya lagi  seperti kang Sony Patri  he...he..kok malah kang soniy maklum saya manusia salah sudah terbiasa, sekarang kembali ke TKP lagi  dengan cara mengecek kapasitor seperti gambar di bawah ini


      Cara cek kapasitor  ......




setelah dilakukan pengecekan ternyata kapasitor pada kipas angin tadi benar-benar putus alyas koit.dan saya ganti dengan yang baru dan nilai kapasitor yang sama pula kemudian saya coba hubungkan colokan ke setop kontak dan saya tekan tombol-tombol dari satu sampai 3 ternyata bisa berubah ubah berarti normal.

Dalam permasalahan tersebut saya banyak menemukan satu permasalahan yang sama tapi kerusakan yang berbeda mungkin dalam memperbaikinyapun harus melakukan penelusuran dari awal sampai titik akhir di temukan masalahnya.

Sampai di sini bahasan di atas dan sampai jumpa di postingan selanjutnya dan temukan dan klik

PERMASALAHAN ANDA DI SINI SAYA SIAP MEMBANTU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar