Selasa, 15 Januari 2019

Memperbaiki Motor Mesin Cuci Short Gulungan Putus

tradisiservice.blogspot.com

Belakangan ini sudah tidak asing lagi dalam perlatan rumah tangga yang bisa membantu dalam kesibukan sehari-hari yang dinamakan mesin cuci.
Mesin cuci adalah alat yang sangat di butuhkan oleh kalangan ibu-ibu yang sibuk,  dengan adanya mesin cuci pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat.

Terkadang mesin cuci mengalami kendala yang menjengkelkan sehingga harus memanggil tukang serpis, yang datang selalu telat dengan alasan sibuk dengan pekerjaan yang lain.

Sekarang anda tak perlu bingung saya akan memberikan beberapa ulasan yang membahas tentang mesin cuci yang short atau konslet tidak mau setar :

Pertama yang kita bahas adalah sebab akibat motor mesin cuci yang short konslet tidak bisa spin.




1.  Bertemunya di antara gulungan akibat pelapis kawat tembaga terlepas.





Short adalah sering terjadi pada sepul utama dan pada lsepul setar, motor short dikarnakan terlepasnya ati gores yang menjadi pelapis kawat tembaga dan saling bertemu yang mengakibatkan arus berbeda arah pada sebagian gulungan  yang terjadi glombag magnetiknya tarik menarik bukan saling dorong terjadilah shorth.
Untuk mengatasinya anda lepas tali pengikat gulunganya dan cari bagian yang saling bersentuhan di pisahkan bungkus dengan plastik mika kemudian kabel sepul di ikat kembali seperti semula.

2.  Saling bersentuhanya sepul kawat utama dengan setar akibat kawat bocor 

Motor bisa short akibat kawat sepul utama bersentuhan dengan setar, ini di akibatkan berjalanya waktu atau di dalam mesin cuci hal yang tidak bisa di pungkiri terjadinya percikan air yang berkepanjangan menjadikan pelapis kawat terlepas dan akhirnya terjadi konsleting sepul jalan dan sepul setar dengan jarak yang berdekatan.

3.  Diantara kawat sepul ada yang putus

Dengan penecekan kawat sepul dengan menggunakan multimeter, dengan melepas ujung kawat sepul di bagian arus ac yang di satukan antara sepul utama dan setar, cek dulu sepul bagian setar  antara ujung yang satu dengan ujung yang satunya lagi, jarum multimeter jalan atau tidak, begitu pula sepul utama lakukan pengecekan seperti tadi pada bagian setar, kalau jarum multi meter jalan berarti tidak putus, kalau sebaliknya mungkin kawat ada yang putus dan perlu mencari titik kawat yang putus itu.
Kemudian sambung dengan solder dan bungkus dengan pelastik mika.

4.  Kawat sepul terbakar sebagian

Kawat gulungan sepul bisa terbakar itu akibat konsleting yang bersdekatan mungkin tidak ada jalan lain kawat yang hitam terbakar di ambil dan lakukan pengantian gulungan sesuai jenis dan nilai kawat yang di gunakan.

5. Kerusakan pada bagiankapasitor

Selanjutnya kita lakukan pengecekan pada kapasitor terkadang bentuknya masih mulus tapi keadaanya memang sudah putus atau melemah.


Catatan

Semua sudah kita lakukan dan motor masih dalam ke adaan tidak berjalan dengan sempurna bahkan terjadi panas berlebihan pada bagian keren, itu sudah terlalu banyak kawat yang bocor, dan kesimpulanya adalah dengan melakukan penggantian dengan motor yang baru, dan disarankan ganti dengan kualitas orisinil jangan pake yang  KW untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tahan lama.

Sampai jumpa di postingan yang lainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar