Selasa, 01 Januari 2019

Mengatasi Bayi Rewel Susah Tidur Disebabkan Hidung Tersumbat

Tugas sang ibu pada waktu buah hati terserang flu


tradisionalaku.blogspot.com

Jika dalam keadaan plu yang paling menjengkelkan adalah pada waktu hidung tersumbat, keadaanya membuat susah untuk bernapas.
Apalagi buat si kecil mengalami kondisi seperti ini, ia akan jadi rewel apalagi padawaktu malam hari, hidung tersumbat jelas menyulitkan bernapas, lalu apa yang harus ibu lakukan?

Beberapa cara mengatasi anak hidung tersumbat:

Ibu bisa memperbaiki posisi kepala si kecil pada saat tidur, usahakan kepala si kecil harus lebih tinggi dari badanya, tak perlu membiarkan mereka tidur sambil duduk ibu cukup hanya menambah satu bantal lagi sebagai alas kepala si anak.

Sebelum tidur ibu bisa memberikan air putih, susu, atau teh hangat. Sebuah riset mengatakan di University of Michigan pada tahun 2008 mengatakan minuman hangat dapat melegakan tenggorokan melonggarkan lendir di hidung juga memberikan keterangan terutama lagi sakit.




Saat mandi sebaiknya si kecil menggunakan air hangat, selain untuk memberikan rasa nyaman uap yang di timbulkan dari air panas di kamar mandi dapat melonggarkan pernapasan, juga dapat mengatasi sumbatan pada hidung si kecil.

Sang ibu bila si kecil terserang flu di haruskan cukup asupan cairan ke dalam tubuh, ibu harus menjaga tubuh cukup cairan membantu tubuh anak bisa melawan flu.
Untuk itu si kecil merasa lebih nyaman hususnya pada waktu tidur malam.

Sang anak belum memahami membuang cairan dalam hidung yang menyumbat ,untuk itu sang ibu perlu mengajarkannya.
Ada cara lain bila si kecil rewel di waktu malam hari, mungkin karena cuaca malam hari cukup sangat dingin sebaiknya sang ibu memberikan baju hangat dan di berikan selimut.
Satu cara membeikan pertolongan pertama pada si anak yang mengalami penyumbatan pada hidung adalah,
Siapkan air panas pada ember kemudian teteskan minyak kayu putih pada air itu  uap air yang di tetesi kayu putih akan terisap oleh si kecil penyumbatan akan terasa plong dan sikecil pun akan tenang dan tidur pulas.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar