Senin, 19 November 2018

Ada Manfaat Di Tanaman Ciplukan

tradisionalaku.blogspot.com

Tanaman ciplukan terkadang dikatakan tanaman penggangu bagi para petani, tanaman ciplukan hidup liar mudah berkembang biak.

Disamping itu tanaman ciplukan mempunyai aneka manfaat untuk kesehatan manusia, bahkan di Asia termasuk Malayasia tanaman ciplukan dikatakan sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

1.  Untuk pengobatan kangker payudara.

Kangker payudara adalah sebuah penyakit yang menakutkan dan sangat mengerikan, tanaman ciplukan ternyata mampuh mengurangi penyakit ini.

Cara pengobatanya ambil pucuk daun ciplukan yang masih muda ditambah dengan segengam beras, terus ambil beberapa tunas kunyit kemudian tumbuk sampai halus kemudian tempelkan pada payudara yang sakit.

2.  Untuk penyembuhan stroke.

Untuk pengobatan stroke ambil daun, batang, buah kemudian cuci bersih setelah itu rebus sampai mendidih dari lima gelas air sampai tersisa tiga gelas minum setiap hari secara rutin 3x pagi siang dan sore hari.

3.  Untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi  cukup ambil daun buah batang dan akar sebslum di rebus cuci sampai bersih kemudian air rebusanya di minun tiga minggu secara rutin.

4.  Untuk gatal kurap.

Abil daun ciplukan dicampur dengan kapur sirih kemudian lumatkan dan gosokan pada bagian badan yang terkena gatal kurap.

5. Untuk menambah kecerdasan anak.

Ambil buah ciplukan yang sudah matang berikan pada anak anak kita untuk di konsumsi langsung, biasanya buah ini sangat di sukai oleh anak anak di karnakan rasanya ada sedikit rasa manis menyegarkan.

6.  Untuk menurunkan demam

Bukan hanya daun yang di ambil dari tanaman ciplukan ternyata buah ciplukan bisa menurunkan panas demam terutama pada anak anak.

7.  Untuk menyembuhkan penyakit jantung.

Ambil daun ciplukan secukupnya kemudian cuci sampai bersih, daun ciplukan ini bisa di konsumsi langsung sebagai lalap bisa di belender seperti layaknya sebagai jus dan minum tiga kali pagi siang dan malam hari.

 8. Menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir.

Di ambil manfaat buah ciplukan bisa untuk menghilangkan kuning pada bayi yang baru lahir dengan cara keringkan buah ciplukan kemudian rebus dan air rebusanya di campurka pada air mandi sang bayi.

 9.  Untuk penyembuhan kencing manis.

Ambil seluruh bagian pohon ciplukan akar, buah, batang dan daun. Kemudian rebus dengan lima gelas air biarkan sampai mendidih sampai tersisa 3gelas.
Kemudian di minum 3x sehari sampai benar benar sembuh.

10.  Untuk penurunan kolesterol.

Ambil daun dari buah ciplukan kemudian rebus dan airnya di minum setiap hari. 

11.  Menghilangkan sakit pada persendian

Untuk menghilangkan rasa sakit dalam persendian ambil daun ciplukan secukupnya cpur dengan kapur sirih dan lumatkan tempelkan pada bagian yang sakit.

12.  Untuk tambah darah

Batang dari pohon ciplukan ternyata punya manfaat untuk menyembuhkan penyakit kurang darah atau anemia, cara pengolahan batang ciplukan untuk membantu penyembuhan kurang darah adalah ambil batang ciplukan kemudian potong potong rebus selama 1,5 jam dan air rebusanya di minum 3x sehari. 

Sampi jumpa di postingan yang lain selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar