Senin, 26 November 2018

Lengkuas Punya Manfaat Untuk Kesehatan Kita


tradisionalaku.blogspot.com

Lengkuas banyak tumbuh di temukan di tanah air kita, lengkuas menurut orang awam hanyalah sebagai tanaman bumbu dan rempah untuk penyedap rasa masakan.
Tapi di balik itu lengkuas punya banyak manfaat untuk kesehatan baik luar maupun dalam tubuh, lengkuas tergolong genus alpina.

Lengkuas adalah berasal dari negara Tailan ini di negara timur tengah lengkuas di jadikan obat herbal yang sangat manjur untuk pengobatan pengobatan berbagai penyakit.





Ada Beberapa Kandungan Zat Pada Tanaman Lengkuas
  •  Vitamin A
  •  Vitamin C
  •  Sodium
  •  Flavonoid
  •  Zat Besi
  •  Emodin
  •  Beta-Sitosterol
  •  Quercetin
  •  Galangin
Selain kandungan zat di atas lengkuas memunyai kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang dapat mengurangi resiko peradangan peradangan tertentu.
Para ilmuwan Korea mengatakan bahwa kandungan senyawa dari lengkuas Oksida Nitrat dan produksi lipopolisakarida.

Kandungan kandungan zat dalam tanaman lengkuas dapat bermanfaat sebagai berikut
Untuk Kesehatan:

1. Untuk kesehatan pencernaan sehingga membuat rasa nyaman di perut.

Mengkonsumsi lengkuas dapat menpengaruhi kesehatan perut sehinga kita merasa nyaman dan dapat
membantu  mengurangi peradangan peradangan di daerah perut.
Sehinga dapat digunakan untuk mengurangi mual, muntah mabuk perjalanan juga dapat menyembuhkan   diare.
Di negara Cina lengkuas dijadikan obat penghilang jegukan serta penggunaanya di kombinasikan dengan manfaat tanaman Gingseng


2. Dapat mengurangi gangguan pernapasan.

Lengkuas dapat di gunakan sebagai pengobatan gangguan pernapasan dan dapat menyembuhkan peradangan peradangan akibat bronkitis kronis dan batuk.

3  Menjaga kesehatan mulut

Akar lengkuas ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatn mulut, akar lengkuas bisa dijadikan sebagai obat kumur, cara pembuatanya pertama ambil akar lengkuas secukupnya cuci sampai bersih kemudian akar lengkuas di rebus dan air rebusanya itu bisa di gunakan sebagai obat kumur untuk mrnyembuhkan sariawan, radang gusi dan bisa menghilangkan bau mulut.

4. Untuk menurunkan demam.

Lengkuas juga bisa membantu untuk menurunkan demam sebat dalam lengkuas mengandung senyawa analgesik dan antipiretik yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit serta dapat membantu menyembuhkan inpeksi akibat bakteri dan jamur.

5. Dapat menyembuhkan rematik.

Pengobatan rematik dapat dilakukan dengan membalurkan parutan lengkuas pada bagian yang terkena rematik.

6.  Untuk mengatasi resiko kangker.

Setudi dan para ilmuwan Inggris meneliti bahwa lengkuas mengandung Flavonoid galangin.
Galangin terbukti banyak mengandung anti oksidatif untuk menangkal radikal bebas.Zat ini dapat memodulasi enjim kegiatan dan dan menekan genotikicity kimia.
Selain itu lengkuas mengandung minyak atsiri. Minyak atshiri menunjukan bahwa bisa meningkatkn fermeasi kulit.

7. Menurunkan livid.
 Kandungan flavonoid utama yang terkandung dalam lenkuas seperti galangin, quercetin dan kaemperol bisa menghambat kaemferol bisa menghambat lemak asam,.

Lengkuas Untuk Kulit

1.  Mencegah penuaan dini.

Lengkuas bisa di katakan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dengan jus lengkuas bisa melindungi kulit dari penuaan dini.

2.  Lengkuas menjaga keremajaan kulit.

Dalam lengkuas terkandung senyawa Anti oksidan mampu menetralisir racun racun dalam tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.
Hal ini dapat menyebabkan pelepasan nutrisi extra jaringan pada kulit. Sehingga mampuh menangkal jaringan radikal bebeas yang merusak pada kulit serta menjaga keremajaan kulit.

3. Dapat menyembihkan luka bakar serta menghilangkan bekas luka bakar.

Dari jamu ramuan lengkuas dapat menyembuhkan luka bakar serta di oleskan pada luka yang terbakar dapat menghilangkan rasa sakit.
Serta dapat mengoleskan irisan lengkuas segar pada bekas luka bakar dan bisa menghilangkan bekas luka bakar.

4. Membersihkan bekas jerawat.

Lengkuas sebagai Antiseptik sebagai pembersih untuk menjaga kebersihan dan kesehatan wajah senantiasa kelihatan cerah dan halus. Ramuan darilengkuas merevitalisasi dan mencerahkan kulit.

Selein itu lengkuas dapat dijadikn obat penyembuh jerawat kandungnya dapat mengurangi tumbuhntya jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit.

Untuk Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala

1.  Obat penyakit rambut

Lengkuas juga bisa di gunakan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala juga dapat di gunakan sebagai ayurvedic untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan kulit kepala.

2.  Pengoptimalan pertumbuhan rambut.

Dengan minyak hasil olahan dari tanaman lengkuas dapat membantu peroses pertumbuhan rambut.
Dengan lengkuas yang di oleskan pada kulit kepala bisa memperlancar peredaran darah di kepala jadi dengan lancarnya sirkulasi darah di kulit kepala akar rambut jadi sehat.

3.  Untuk perawatan rabut.

Lengkuas memiliki zat senyawa seperti Zinc dan Fosfor yang dapat memperkuat akar rambut sehingga rambut indah dan bersiar.
Selain rambut anda bersinar juga lengkuas bisa membentuk rambut yang kuat tidak mudah kering dan patah.

4.  Menghilangkan ketombe

Ketombe bisa tumbuh pada setiap orang dengan sari lengkuas ketombe bisa hilang sebab lengkuas memiliki antiseptik alami yang mampu menjaga kelembaban dan kesehatan pada kulit kepala

Selain itu lengkuas bisa di campur dengan sari lemon yang mampu menyingkirkan ketombe dari kulit kepala anda.

Lengkuas Sebagai Obat Alami  

Tanaman lengkuas sebagai tanaman berakar rimpang seperti  Jahe Bukan Hanya Untuk Bumbu Tapi Sangat Baik Untuk Pengobatan

Lengkuas digunakan tanaman obat herbal oleh negara negara timur tengah seperti India juga sudah ribuan tahun di gunakan di negara Cina.
Tak bisa di pungkiri ke ampuhan obat obatan dari ramuan lengkuas mampu bersaing dengan obat obatan farmasi yangbanyak di jual di toko obat juga di aputik.
Di era moderen kedepan pasti para ahli obat obatan kemungkinan bisa kombinasikan obat teradisional dengan tehnik moderen merupakan senjata ampuh untuk melawan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar