Senin, 18 November 2019

Penyebab Mesin Pompa Air Dorongan Air Tidak Maksimal Seperti Biasanya



SERVIS.COM - Jika anda memiliki masalah dalam mesin popa air yang didapati debit air yang dikeluarkan menjadi lemah tidak seperti biasanya, walaupun pompa air itu sendiri masih mampu menghisap dan mendorongnya namun jarak tempuh doronganya itu semakin berkurang.

Sebelum melangkah ke perbaikan mungkin yang penting kita lakukan penganalisaan penyebab yang akan memberikan pengertian sumber masalah itu terjadi.

Suber lemahnya kinerja pompa air bisa kita analisa dalam beberapa hal yaitu sebagai berikut:

1. Kondisi Motor Pompa Air

Kita bisa melihat dan memeriksa kondisi gulungan dinamo motor langkah awal dengan membuka beberapa baud tutup pompa air itu sendiri, tanda tanda kerusakan motor pompa air adalah sebagai berikut :

  • Sebagaian kumparan gulungan sudah ada yang gosong.
  • Pelapis anti gores kumparan gulungan sudah bocor.
  • Gulungan dalam keadaan basah kemasukan air.


2. Kondisi Tegangan Listrik

Kita menemukan kondisi pompa air debit air yang di hasilkan berkurang tidak seperti biasanya sebelum kita mengambil langkah perbaikan kita harus mengecek sumber listrik yang kita gunakan dalam instalase yang menuju ke pompa air dengan menggunakan apometer, apakah tegangan listrik yang kita gunakan itu maksimal 220 V atau suplay listrik yang di berikan sesuai dengan spesifikasi kompa?
Infut tegangan terlalu kecil akan membuat RPM motor berputar di bawah normal sehingga kekuatan yang di hasilkan tidak akan bisa maksimal.

3. Kondisi Infeler Gir Pendorong air

Untuk melihat kondisi gir inpfeler pada mesin pompa air adalah membuka tutup di bagian water pom apakah kondisinya baik- baik saja?
Dengan kondisi infeler dari mesin pompa air yang rusak tentu saja akan berpotensi debit air yang di hasilkan akan berkurang sebab akan mempengaruhi dari daya hisap dan daya dorong akan berkurang juga.

4. Kualitas Kabel Penghantar Listrik Yang Kita Gunakan.

Dari hasil pengalaman yang sering kita temukan dalam pemasangan pompa air kualitas kabel harus di utamakan, semakin jauh pemasangan daya listrik yang di hasilkan akan semakin lemah bila kita gunakan kabel yang berkualitas jelek, atau terlalu kecilnya ukuran kabel yang di gunakan.

Jelasnya gunakan kabel yang berkualitas selain aman, hasil yang kita dapatkan akan lebih maksimal dan hambatan listrik akan berkurang daya yang kita gunakanpun akan semakin sedikit.
Berbeda dengan kita menggunakan kabel yang berukuran kecil hambatan akan semakin besar daya yang di hasilkan kecil sedangkan pompa air membutuhkan daya yang maksimal, lalu apa yang akan terjadi? panas yang di hasilkan dengan memaksakan pompa air dengan daya yang rendah hasil yang di dapatkan debit air kecil daya yang di butuhkan besar dari akibat pompa yang di pakskan menghasilkan panas yang akhirnya pompa menjadi cepat rusak.

Yang Penting Kita perhatikan Dalam Pemasangan Mesin Pompa Air Baik Mesin Pompa Air Baru Maupun Bekas.

 Daya hisap. Menyesuaikan daya hisap dengan kondisi medan di lapangan adalah hal yang penting dan harus menjadi perhatian yang utama dari sejak awal rencana pemasangan, jangan pernah mencoba untuk menurunkan spesifikasi dengan alasan menekan biaya oprasional yang biasanya justru  berakibat pada hasil pekerjaan yang kurang maksimal.

Dari beberapa yang di jelaskan dari beberapa hal di atas menekankan bahwa anda harus memahami dahulu secara teknis sumber penyebabnya sehingga anda dapat memudahkan melakukan koreksi sebagai tahap awal melakukan perbaikan yang mungkin saja berupa kerusakan ringan yang bisa di atasi dengan mudah.

Demikian bahasan seputar pompa air semoga bermanfaat untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar