Minggu, 15 Desember 2019

Cara Pemasangan Radar Mematikan Pompa Air secara Otomatis



https://tradisiservice.blogspot.com/

SERVICE SOLUSITION - Air sangat penting untuk kehidupan kita sehari-hari, sudah tentu di perlukan adanya mesin pompa air untuk menyuplay air dari sumbernya menuju penampungan air.
Guna penampungan air adalah untuk cadangan air untuk dimana kita listrik mati, atau pompa yang digunakan mengalami kerusakan, toren juga sebagai pembagi ke saluran saluran kran yang berada di rumah  seperti ke bak mandi, sawer, tempat cuci piring dan lain sebagainya.
Toren penampungan air biasanya di tempatkan di tempat paling tinggi dari posisi rumah yang maksudnya supaya menabah tekanan air untuk menyuplay ke semua arah.

Di sebuah toren penampungan air biasanya di lengkapi dengan sebuah alat otomatis yaitu Radar yang memutus arus listrik ketika air sudah penuh, pungsi otomatis radar untuk kontrol air agar tidak terbuang sia-sia tumpah ke luar, radar otomatis juga sangat epektif untuk hemat listrik yang digunakan untuk pompa air dikarnakan pompa hidup secara teratur dikala pelampung jatuh di batas yang di tentukan, coba kita bayangkan seandainya toren berada jauh di atap rumah dan ke adaanya sudah penuh, tentunya sangat merepotkan kalau kontrolnya dengan indra pendengaran, selain itu kita manusia memiliki sipat pelupa untuk mematikan kontak air yang akhirnya air terbuang dan bayaran listrikpun meningkat.

Nah sekarang kita simak cara pemasangan otomatis radar pada tangki penyimpanan air sebagai berikut:

  • Langkah awal pasang saklar listrik untuk jaga jaga dikala mesin rusak sehingga arus listrik bisa di putus untuk sementara.
  • Langkah kedua pasang otomatis radar di lubang yang berada di pinggir tangki yang telah di sediakan.
  • Hubungkan arus listrik ke infut dan output di hubungkan menuju pompa air seperti gambar di bawah.

  • Kemudian mengatur pelampung pelampung yang atas berpungsi untuk off menutup arus yang kontak ke pompa air, dan pelampung yang ke dua berfungsi untuk on membuka arus listrik jika toren air sudah kosong dengan batas pelampung yang di tentukan oleh kita sendiri.
Dengan pemasangan radar otomatis ini kita tak perlu repot untuk melihat atau memperhatikan toren penuh atau tidak dengan sarat pemasangan radar ini saluran air pengeluaran air jangan sampai ada yang bocor dan piva paralon harus menggunakan yang lebih kuat untuk menaga pecah dan patah untuk menhidari air terbuang dan radar otomatis pun tidak akan menutup karena toren air selalu kosong.

Lakukan pengecekan berkala pada sumber air jangan sampai ke habisan untuk menjaga radar otomatis bekerja terus menerus karena suplay air tidak ada.

Untuk mengatasi situasi sumber air kosong atau kebocoran di piva saluran air, ada kerusakan di pompa air, matikan saklar untuk ke amanan sengatan listrik pada waktu perbaikan pompa berlangsung, atau lonjakan bayaran tagihan lisrik bila mesin terus bekerja tanpa air di sumbernya.

Pastikan arus listrik yang di potong pada radar bukan memotong saluran grond utuk menjaga ke amanan dari sebaran arus listrik yang mengalir pada kedua kabel yang terhubung ke pompa air.

Demikian ulasan tentang pemasangan radar otomtis pada toren atau tangki penampungan air semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar