Jumat, 20 Desember 2019

Memperbaiki Dan Mengatasi Hasil Printer Bergaris


https://tradisiservice.blogspot.com/

SERVICE SOLUSITION - Printer di saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan baik di kalangan rumah maupun di perkantoran, priter sangat di butuhkan setiap orang yang bekerja yang berhubungan dengan sebuah komputer, guna untuk mencetak data atau yang berhubungn dengan data pekerjaan masing-masing.

Selain printer sebuah kebutuhan dan untuk memiliki perangkat printer dan harga perangkat printer konvensional saat ini sudah jauh ekonomis sesuai dengan kebutuhan dari mulai dengan mencetak dokumen sampai hingga mencetak photo beresolusi tinggi.

Didalam segi manfaat didalam memiliki printer akan dapat mempermudah si pengguna daripada menggunakan jasa foto copy.
Namun demikian memiliki printer harus memahami salah satunya adalah perawatan termasuk masalah hasil printer yang bergaris.

Masalah seperti hasil printer yang bergaris adalah salah satu masalah yang perlu di perhatikan titik sumber masalah itu terjadi.

Mengatasi masalah hasil cetak printer yang bergaris



1. Bersihkan Encouder

Encouder adalah sebuah pita yang berbentuk mika yang membentang di belakang catridge, encouder ini sebagai sensor jika encouder ini kotor ter ciprat tinta saat pengisian maka akan berpengaruh pada hasil prinan di antaranya adalah hasil cetak yang bergaris.

Unuk mengatasi encouder kotor bisa di atasi dengan mudah misalnya dngan menyeka encouder dengan tisu dan melakukan pembersihanya harus dengan hati hati dan perlahan, dan jika anda memiliki ke ahlin dalam membuka printeran bisa anda lepas dan rendam dalam air hangat jangka waktu beberapa menit saja, dan pastikan encouder dalam ke adaan kering saat di pasangkan kembali.


2. Rendam Cartridge Dengan Air Hangat Atau Alkohol

Dengan perendaman cartridge dalam air hangat bila keadaan tinta dalam cartridge menggumpal biasanya bila printer jarang di gunakan dalam jangka lama.
Oleh karena itu di sarankan bila memiliki printer di anjurkan harus di gunakan dalam satu hari satu halaman.

Masalah penggumpalan tinta didalam cartidge bukan hanya bergaris akan tetapi hasil prinan akan pudar bahkan kosong walaupun tinta terisi penuh hal tersebut karena tinta yang menggumpal di dalam head ( bagian bawah cartridge) menutupi keluarnya tinta baru.

Untuk merawat dan mengatasinya anda harus mencabut cartridge dan merendam bagian head nya di air hangat, jangan merendam seluruh bagian badan cartrid, cukup bagian head nya saja.

3. Sedot Kuras Tinta Didalam Cartridge 

Cara ini merupakan tindak lanjut yang kedua untuk mengoptimalkan kondisi tinta didalam cartrid yang menggumpal, selain di rendam dalam air hangat atau alkohol, sedot tinta sampai habis.

Penyedota tinta dalam cartrid  menggunakan alat suntikan yang digunakan pada saat waktu pengisian.

4. Pastikan Tinta mengalir Dengan Normal Dari Botol Infus Menuju Cartridge

Tinta tidak mengalir dengan normal dari kabel infus menuju cartridge tentunya sangat berpengaruh pada hasil cetakan hal ini di karnakan karena pasokan tinta pada cartridge tidak normal, untuk mengatasinya adalah cukuplah mudah anda tinggal mencabut selang infus yang menancap pada cartrid lalu sedot secara perlahan dengan suntikan yang di modifikasi lalu tancapkan kembali ke cartridge.

5. Lakukan Pembersihan Pada head ( Head Cleaning)

Head cleaning adalah salah satu menu fitur perangkat lunak dari printer management dapat di askes pada  komputer anda yang pertama Klik Setar => Printers and paxes => PRinter yang anda gunakan( Printing Preference klik duakali => Muncul jendela klik Printer => Propertis =>Maintenance ( pitur tersebut biasanya ada di printer Canon, Epson, dan Hp)=> Cleaning => klik Execute.


Jalankan pitur head cleaning dan ulangi setidaknya sampai tiga kali pitur ini akan membersihkan head dari cartridge sekaligus melancarkan aliran tinta didalam cartridge.

Nah lima langkah di atas adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi masalah printer anda dan bila masalah tidak bisa di atasi mungkin katridge sudah rusak dan di sarankan beli yang baru dengan sarat harus mengganti dengan tipe yang sama.

Sampai di sini ulasan n tentang masalah printer semoga menjadi sumber pengalaman baru anda dan bermanfaat untuk mengatasi masalah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar