Sabtu, 28 Desember 2019

Permasalahan Printer Tidak Bisa Print Dengan Mudah





https://tradisiservice.blogspot.com

SERVICE SOLUSITION - Prunter dlh salah satu kebutuhan untuk pekerjaan yang bersangkutan dengan data dan dokumen, data di masukan melalui komputer dan di cetak oleh sebuah alat yang bernama printer.
Printer adalah salah satu kebutuhan kantor yang sering di gunakan setiap hari, sudah barang tentu printer akan mengalami masalah, akan tetapi masalah itu trjadi harus kita cek terlebih daulu apa yang menjadi sebuah penyebab itu terjadi.

Sekarang kita bahas masalah yang saya alami dan periksa sana dan periksa sini yang ternyata sebuah printer saya baik-baik saja.
Lalu apa permasalahan yang terjadi sebuah printer tidak mau print alyas pending? padahal indikator sudah ready to print namun jika kita memberikan perintah untuk mencetak, printer tidak merespon samasekali.
Jika anda sedang mengalami seperti itu printer anda sedang pending secara gelobal, penyebabnya bukan berasl dari printer anda melainkn pada sistem komputer anda.

Jika anda menemukan hal seperti ini anda akan mendapat sebuah peringatan  di bawah pojokkanan bawah kompuer anda.


Terlihat pada gambar di atas bahwa menunjukan ada dua dokumen yang siap print, namun dalam keadaan setatus pending, artinya dokumen tersebut setatus tertunda, mengapa hal itu terjadi?
Seperti sudah dijelaskan di atas hal yang terjadi bukan karena hardware-nya atau printer-nya, namun itu disebabkan oleh system komputer anda.

Namun anda tak perlu khawatir dalam bahasan ini akan kita bahas dua tips yang bisa anda terapkan jika anda menemukan hal seperti ini.

1. Mengosongkan print queue

Disudut kanan dalam tampilan monitor komputer anda, silahkan arahkan krosur ke situ kemudian cari icon printer dan double klik icon tersebut, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.



Disini anda akan melihat data yang siap di print, silahkan anda klik kanan dan censel data yang pending untuk di print, dan terlihat ada 2 documen dan cencel aja satupersatu.setelah itu silahkan anda coba mencetak seperti biasanya.

Setelah melakukan tips di atas biasanya printer akan normal dan bisa digunakan  seperti hari-hari sebelumnya.

Namun jika cara di atas belum membuahkan hasil, silahkan anda ikuti langkah ke dua yang saya akan bahas berikut ini.

2. Masuk ke Services. msc

Pertama kita arahkan krosur ke pojok kanan dan klik Setar =>Run=> Ketik, services.msc





Tekan Enter atau klik ok.

Setelah itu anda di arahkan ke jendela baru dan perhatikan gambar sebagai berikut :




Crosur komputer anda scroll ke bawah dan anda akan menemukan tulisan Print Spooler untuk langkah lebih cepatnya anda menekan kalau sudah ketemu silahkan anda nonaktipkan dengan cara klik kanan kemudian cencel, sementara ini  jangan tutup dulu jendela tersebut dan silahkan anda masuk ke menu Ekspoler Komputer anda masuk ke C:\Windows\system32\spool\printers disitu anda akan melihat proses printing dalam hal ter sebut Pending silahkan anda tandai semua dan hapus secara keseluruhan dengan menekan CTRL+A kemudian klik kanan dan pilih Delete jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.


Close windows kemudian kita masuk lagi ke Print Spooler

Disini kita harus meng aktifkan kembali Spooler yang telah kita non aktifkan sebelumnya.

Klik kanan Setar => Close Windows


Silakan anda untuk mencoba mencetak dokumen, dan semoga bermanfaat dan menambah pengalaman baru dalam mengatasi masalah dalam pekerjaan anda sehari-hari selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar